=Detox Puasa Online=

detox

Kata DETOX sering digunakan untuk proses mengeluarkan racun-racun atau bahan tidak sehat dari tubuh. Kata ini juga bisa berarti masa dimana tidak mengkomsumsi atau berpantang makanan tertentu.

Istilah DETOX ini kami juga pakai dirumah yang berkaitan dengan pantangan menggunakan perangkat Internet. DETOX day bagi keluarga biasanya kami atur dan sepakati bersama dengan anak-anak di hari Minggu. Tidak mudah pada awalnya karena sebagai orangtua pun harus berpantang, padahal banyak tugas-tugas yang memerlukan perangkat Internet setiap hari.

Pada hari ini semua perangkat harus dimatikan dan tidak boleh dipakai. Alhasil dihari DETOX ini biasanya akan menjadi sangat berbeda dengan hari-hari lainnya oleh karena banyak kegiatan yang sudah tidak pernah kita lakukan lagi, sekarang kita lakukan bersama-sama sebagai keluarga. Contohnya, di hari Minggu lalu, anak-anak mulai mengajak bermain badminton, lalu semua ikut bermain dan waktu sejam dua jam pun tidak terasa terlewati. Kemudian, anak-anak mulai membuka gitar dan alat musik mereka yang selama ini jarang dipakai. Mereka berlatih beberapa lama. Terus mereka keluar bermain bola dihalaman. Karena masih ada waktu kosong, salah satu anakpun mulai membersihkan kamarnya sendiri dan membuang hal-hal yang tidak dipakai lagi. Tanpa sadar waktupun berjalan menjelang malam, dan akhirnya setelah makan malam, keluarga pun sepakat untuk menonton TV bersama-sama karena kebetulan ada film baru yang belum ditonton. Malam pun kami lalui dengan santai.

Sebelum tidur, saya membayangkan, bila tidak ada detox day, pasti kebanyakan waktu anak-anak termasuk orangtua akan dihabiskan di depan layar. Masing-masing pasti sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri. Namun hari itu telah kami lalui bersama tanpa adanya keterlibatan perangkat Internet. Ada perasaan lega dan bersyukur karena kita bisa kembali menikmati kebersamaan dengan warna berbeda. Kami akan melakukan ini secara berkala.

Bagaimana dengan pengalaman anda ? Saya harap DETOX day juga akan bermanfaat bagi anda dan keluarga.

About The Author