=Kursus Online Semakin Ramai!=

adult-15700_1920

Sekitar 15 tahun lalu, saya ingin belajar suatu topik tentang pengembangan pribadi, namun karena saya bekerja full time, saya tidak bisa meninggalkan pekerjaan, sebab mengambil cuti hanya untuk topik itu sepertinya suatu pengorbanan yang besar. Alhasil sayapun mendaftar untuk ikut program distance learning-nya. Dengan program ini, Institusi pendidikan mengirim materi dalam bentuk CD, dan saya harus pelajari dengan jadwal yang saya atur sendiri. Pada akhir semester, saya harus mengirimkan laporan kemajuan saya untuk mendapat sertifikat.

Pengalaman pertama dengan belajar seperti itu ternyata membuat saya lebih mengerti metoda belajar apa yang tepat bagi saya. Dengan metoda distance learning ini, saya sebenarnya merasa bebas karena harus menentukan jadwal serta kemajuan saya sendiri. Namun ada juga tantangannya, yakni bagaimana saya menjaga diri untuk tetap semangat agar dapat selesai pada waktunya. Kadang-kadang kesibukan dan perjalanan dinas dapat membuat kemajuannya terhambat apalagi bila ada situasi keluarga yang meminta perhatian khusus. Tapi saya bersyukur sejak saat itu, saya telah menyelesaikan berbagai macam pembelajaran lewat distance learning. Saya menyadari memang metoda ini tidak untuk setiap orang, walaupun saya yakin setiap orang yang mau belajar perlu mencobanya lebih dulu.

Saat ini, oleh karena perkembangan teknologi di dunia online, distance learning telah banyak digantikan dengan online course, materi dalam bentuk CD tidak perlu lagi dikirim lewat pos, cukup di upload ke Internet dan semuanya jadi mudah diakses kapan saja dan darimana saja. Bahkan interaksi dengan pengajar dapat lebih cepat responnya, khususnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kita.

Demikian juga perkembangan media sosial apalagi Video streaming seperti YouTube, Vimeo dan banyak lain lagi membuat setiap orang yang tahu tentang sesuatu dapat pula mengajarkannya pada orang lain. Saya sendiri belajar masak dari banyak tutorial video di YouTube, bahkan saya sering memperbaiki peralatan-peralatan di rumah dengan mengacu pada informasi-informasi di Video tersebut. Besi menajamkan besi, sesama menajamkan sesamanya, ini kata Nabi Sulaiman yang menuliskannya berabad silam.

Bahkan seminarpun sekarang sudah banyak digantikan oleh webinar. Tidak perlu buang ongkos transportasi dan kena macet katanya. Semakin ramai tersedia di dunia online untuk pengembangan diri kita.

Apakah kursus, webinar, tutorial secara online cocok bagi Anda?

Beberapa pertanyaan berikut kiranya dapat membantu Anda mengenalnya:

  1. Apakah kita dapat secara efektif mengatur waktu kita sendiri? Umumnya kursus online itu fleksibel, jadi bila kita suka menunda-nunda pekerjaan, bisa ketinggalan kereta nantinya.
  2. Apakah Anda merasa nyaman dengan tulis menulis ? Umumnya interaksi dengan instruktur banyak dilakukan lewat email dan tulisan lain, jadi bila anda suka ngobrol dengan dosen, siap-siap kecewa.
  3. Apakah Anda seorang yang banyak berpikir sebelum memberi respon? Memang kursus online bukan bagi seseorang yang spontan, begitu menerima ide langsung mau bertanya. Anda harus siap menerima materi semuanya dulu baru siapkan pertanyaan-pertanyaan.
  4. Apakah komputer Anda up-to-date dan koneksi Internet baik? Ini sudah jelas, karena materi kursus saja sudah berat apalagi bila ditambah dengan rasa frustasi karena PC lambat, Internet lelet.
  5. Apakah Anda lambat untuk menggunakan teknologi-teknologi baru? Umumnya aplikasi kursus online itu dibuat dengan Anda di pikiran, artinya kalo aplikasi itu tidak mudah digunakan orang, ya pasti tidak laku. Jadi beranilah untuk mencoba hal-hal yang baru di dunia online, karena mereka di desain untuk kemudahan bagi kita semua.

Apa yang ingin Anda pelajari dari dunia Online untuk pengembangan diri Anda dan keluarga? Sering-seringlah melakukan search atau pencarian online, mungkin Anda akan terkejut bahwa ternyata sudah banyak tersedia kursus-kursus online untuk hal itu.

Rumah Bijak Online pun tidak mau ketinggalan. Silahkan KLIK KLIK –> KLIK DISINI untuk membawa Anda ke FREE Online Course dari Bijak Online.

Salam Bijak Online.

 

About The Author