Apa itu Cyber Safety Champion?

Dunia online ibarat lautan yang sangat luas, dimana pelaut yang tangguh pun masih perlu mempelajari potensi bahaya dari angin laut, air pasang dan sebagainya agar mereka dapat berlayar menaunginya dengan selamat. Selain itu dunia online juga tidak dirancang untuk anak-anak, oleh karena itu anak dan remaja sangat membutuhkan tuntunan dan edukasi dalam aktifitas dunia online mereka. Tanpa itu anak dan remaja menjadi rentan terhadap risiko-risiko online dan akhirnya dapat merusak masa depan mereka. Risiko-risiko itu termasuk: cyberbully, kecanduan online, pornografi, pemangsa seksual, sexting, kebocoran privasi dan penipuan online lainnya.

Kami telah mengembangkan solusi-solusi untuk membantu sekolah dan orangtua agar anak dan remaja dapat tetap aman di dunia online. Bagian terbesar dari solusi ini adalah dengan memberikan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kesadaran akan risiko-risiko dunia online dan mengajarkan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pencegahannya. Solusi ini kami bangun dengan mengadaptasi bahan-bahan pendidikan cyber safety yang telah dipakai bertahun-tahun di Australia maupun negara barat lainnya.

Agar solusi ini segera dapat menjangkau anak dan remaja sekolah di berbagai sekolah, kami menyediakan pelatihan bagi guru dan pengajar untuk menjadi seorang Cyber Safety Champion di sekolah atau komunitasnya. Champion ini dilatih menjadi koordinator dan pelaksana kampanye dan edukasi cyber safety pada anak dan remaja di sekolah atau komunitasnya.

Sekolah yang telah memiliki Cyber Safety Champion dapat memulai program pencegahan dampak negatif Internet lewat peringatan-peringatan maupun ceramah yang dilakukan langsung terhadap siswa-siswanya. Komunitas Cyber Safety Champion juga disediakan untuk mendukung agar setiap Cyber Safety Champion dapat berhasil melakukan tugasnya.

Sekolah dapat mengirim lebih dari satu orang peserta latihan Cyber Safety Champion, sehingga tanggung jawab Champion di sekolah dapat dibagi dengan beberapa orang.

Training ini berlangsung selama 6-7 jam. Jadwal 2017, 30 September di Denpasar Bali dan 7 Oktober di Yogyakarta. Hubungi kami untuk informasi selanjutnya.

About The Author